Tuesday 20 August 2013

Dari puluhan girlband Korea yang terkenal di seluruh dunia, manakah di antara mereka yang pantas menyandang gelar sebagai yang terbaik?  Memang, tidaklah mudah untuk menentukan hal ini, mengingat hampir semua girlband tersebut memiliki personil yang cantik dan berbakat, lagu-lagu yang enak didengar, serta prestasi yang luar biasa di dunia hiburan.  Nah, Top10Artis akan mencoba menjawab pertanyaan ini.

Pada bulan Maret tahun 2013 lalu, sebuah media Korea Selatan bernama Sports Chosun merilis ranking girlband Korea terbaik, berdasarkan dari jumlah fans, jumlah album yang terjual, dan prestasi mereka di dunia musik.  Langsung saja, berikut daftarnya:

by Kim Min Ai on Flickr.com via Creative Commons


10.  SECRET


SECRET adalah girlband asal Korea Selatan yang terdiri dari 4 orang personil dan memulai karir di industri hiburan K-Pop pada tahun 2009 di bawah bendera TS Entertainment.  Grup ini dimotori oleh Song Jieun yang juga berperan sebagai vokalis utama, dan dikenal sebagai girlband Korea Selatan dengan image seksi yang populer dengan lagu-lagu seperti Shy Boy serta Starlight Moonlight.

Tak hanya di Korea Selatan, SECRET juga sangat populer di Jepang.  Grup ini bahkan rela vakum selama satu tahun di industri K-Pop karena ingin lebih sukses dalam mempromosikan karir mereka di Jepang.  Pada tahun 2010, para member SECRET pernah tampil dalam sesi pemotretan seksi bersama majalah MAXIM.



9.  Brown Eyed Girls


Girlband yang beranggotakan empat orang gadis cantik, yaitu JeA, Miryo, Narsha, dan Ga-In ini memulai debutnya pada tahun 2006.  Namun mereka memerlukan waktu dua tahun, tepatnya pada tahun 2008 untuk meraih popularitas lewat lagu berjudul L.O.V.E. Di tahun 2009, Brown Eyed Girls semakin memantapkan posisi mereka sebagai selebritis elit Korea Selatan lewat single berjudul Abracadabra.

Tak hanya itu, Brown Eyed Girls juga termasuk girlband yang membawa pengaruh besar bagi artis top PSY dalam video klipnya yang berjudul Gentleman, di mana PSY meminjam sebagian besar gerakan dance dari Brown Eyed Girls.  Salah satu member girlband ini, Ga-In, bahkan ikut tampil dalam video klip Gentleman tersebut.



8.  f(x)


Dibentuk oleh S.M. Entertainment pada tahun 2009, f(x) beranggotakan lima orang wanita Korea yang tidak hanya imut-imut dan jelita, namun sangat jago dalam menyanyi dan menari.  Grup ini memiliki ciri khas yang sangat kuat dalam K-Pop, yaitu dengan merilis lagu-lagu yang sangat kental dengan unsur instrumen elektronik dan techno.

Popularitas dan publisitas yang luar biasa diraih f(x) lewat lagunya yang berjudul Pinocchio (Danger) yang bahkan dianugerahi tiga award sekaligus.  Member Girlband ini juga tidak semuanya berasal dari Korea Selatan.  Hanya Luna dan Sulli yang asli berasal dari negeri Ginseng, sementara Amber dan Krystal berkewarganegaraan Amerika Serikat, sedangkan Victoria memiliki kewarganegaraan Cina.



7.  Wonder Girls


Wonder Girls adalah sebuah girlband yang boleh dibilang cukup ambisius, karena tidak hanya mengincar sukses di industri K-Pop, namun juga di dunia musik Amerika Serikat.  Wajar saja, girlband ini memang dipegang oleh manajemen Creative Artists Agency yang berbasis di negeri Paman Sam.  Kesuksesan Wonder Girls diawali di akhir tahun 2009, ketika lagu yang berjudul Nobody berhasil menembus Billboard 100 atau tangga lagu di Amerika Serikat.

Wonder Girls beranggotakan Sunyee, Yeeun, Sohee, Yubin, dan Hyelim.  Tak hanya di Amerika Serikat, Wonder Girls juga membidik pasar Cina, ketika pada tahun 2009 menerjemahkan tiga lagu mereka ke bahasa Mandarin.  Di tahun 2012, girlband ini juga memulai promosinya di Jepang.



6.  T-ara


Sejak berdiri di tahun 2009, T-ara sudah cukup sering berganti-ganti personil.  Saat ini, T-ara beranggotakan 6 orang personil, dan tercatat sudah 4 orang gadis yang keluar dari girlband ini.  T-ara juga sering mendapat julukan sebagai super rookie karena mereka memutuskan untuk berlatih dulu selama 3 tahun sebelum tampil dalam debut resminya di industri K-Pop.

T-ara yang saat ini dipimpin oleh personilnya yang bernama Qri juga memiliki dua subgrup, yaitu T-ara N4 dan QBS.  Di tahun 2011 grup ini mengawali langkah mereka di dunia hiburan Jepang dengan menandatangani kontrak senilai 4,3 miliar US Dollar dengan manajemen J-Rock.



5.  miss A


Grup ini cukup unik, karena beranggotakan 4 orang gadis yang memiliki darah Cina-Korea yaitu Fei, Jia, Min, dan Suzy.  Kata "miss A" sendiri merupakan singkatan dari "Miss Asia".  Tidak seperti girlband K-Pop lainnya, miss A justru mengawali langkah mereka dari Cina, terutama di masa-masa latihan dan periode awal ketenaran mereka.  Baru setelah merasa sukses, di tahun 2009 mereka masuk ke industri K-Pop.

Tak hanya aktif secara grup, para personil miss A juga terbilang cukup sukses dengan karirnya.  Fei dikenal sebagai salah satu ambassador produk fashion Connie Colin, Suzy sudah tampil di berbagai drama televisi, sedangkan Jia adalah seorang model yang sudah tampil di banyak acara fashion show.



4.  KARA


Perjalanan KARA di dunia hiburan Korea Selatan terbilang penuh dengan rintangan.  Girlband ini mengawali debutnya pada tahun 2007, dengan lagu bertema R&B yang terkesan dewasa dan ditujukan untuk audiens yang berusia 25 tahunan ke atas.  Setelah selama 2 tahun karir mereka jalan di tempat dan lagu-lagunya tidak direspon pasar, akhirnya pada tahun 2009 KARA memutuskan untuk berganti haluan dengan membawakan musik yang lebih ceria dan ditujukan untuk kalangan muda dan remaja.

Keputusan itu terbukti tepat, karena KARA berhasil meraih popularitas tinggi dalam waktu singkat.  Lagu-lagu seperti Honey, Mister, Lupin, Jumping, Step, dan Pandora berhasil merajai tangga lagu Korea Selatan.  Setelah sukses di negeri sendiri, mereka memutuskan untuk melebarkan sayap di Jepang pada tahun 2010, dan di tahun yang sama berhasil meraih penghargaan sebagai Japan's No.1 Rookie Artist of 2010.



3.  SISTAR


Popularitas SISTAR di Korea Selatan boleh dibilang meningkat pesat dalam waktu satu tahun ke belakang, terbukti mereka berhasil menembus tiga besar girlband Korea Selatan paling elit.  Dibanding girlband lainnya di artikel ini, SISTAR masih terbilang cukup muda karena baru dibentuk pada tahun 2010.  Namun jangan salah, dalam waktu singkat mereka berhasil menuai berbagai prestasi,  salah satunya adalah Singer Choice Award dari Korean PD Awards yang mereka menangkan di tahun 2013 ini.

SISTAR memiliki 4 orang anggota yang sangat berbakat, yaitu Hyolyn, Bora, Dasom, dan Soyou.  Kita tunggu saja, apakah grup ini berhasil tampil menjadi yang terbaik di Korea Selatan, mengalahkan dua nama besar yaitu SNSD dan 2NE1.



2.  2NE1


Banyak orang yang mengatakan, posisi satu-dua girlband Korea terbaik tidak akan pernah lepas dari tangan Girls' Generation dan 2NE1.  Persaingan mereka bagaikan persaingan antara Barcelona dan Real Madrid, yang tidak bisa ditandingi oleh girlband lainnya.  

2NE1 yang bisa dibaca "twenty one" atau "to anyone" beranggotakan empat orang personil jelita, yaitu CL, Minzy, Bom, dan Dara.  Sejak debutnya di tahun 2009, girlband ini berhasil merajai dunia hiburan Korea Selatan.  Lagu-lagu mereka bahkan beberapa kali terpilih sebagai Song of The Year.  Tak hanya di Jepang, 2NE1 juga sudah mulai sukses di Amerika sejak meluncurkan album berbahasa Inggris.  Bahkan pada tahun 2012, konser mereka di New Jersey dianugerahi award Best Concert in 2012 oleh New York Times.  Di tahun 2013, 2NE1 sudah berhasil menjual lebih dari 27 kopi lagu dan video-video mereka di YouTube sudah disaksikan oleh lebih dari 400 juta viewers.



1.  Girls' Generation (SNSD)


Gelar sebagai girlband Korea terbaik nampaknya belum bisa lepas dari Girls' Generation atau SNSD yang beranggotakan 9 orang wanita yang dianggap sebagai artis-artis Korea paling cantik.  Sudah eksis sejak tahun 2007, SNSD memiliki jutaan fans di seluruh dunia, termasuk Indonesia.  Karena popularitasnya, SNSD bahkan sering disebut sebagai "The Nation's Girl Group" atau "Girlband bangsa Korea"

Tak heran, lagu-lagu terbaik SNSD memang sangat berkualitas dan enak didengar.  Personil mereka sendiri juga seolah memiliki kompetisi elit tersendiri, seperti dalam voting tahunan untuk menentukan personil SNSD tercantik.  Sub grup SNSD yang bernama TaTiSeo (beranggotakan Taeyeon, Tiffany, dan Seohyun) bahkan berhasil mencatatkan diri sebagai grup K-pop yang berhasil mencapai ranking tertinggi Billboard 200 (tangga lagu Amerika Serikat) lewat lagu mereka yang berjudul Twinkle.  Tak hanya itu, prestasi individu setiap membernya juga luar biasa, karena hampir semuanya sukses dengan  solo projectnya sebagai penyanyi, model, ataupun aktris.  

Artikel Lain yang Lebih Hot