Thursday 15 August 2013

Belakangan ini, popularitas AKB48, sebuah idol grup Jepang yang memiliki banyak sister group di dunia meningkat dengan sangat cepat.  Tidak hanya di Jepang, grup ini juga mendunia di berbagai negara, termasuk Indonesia.  Apalagi, di Indonesia saat ini sudah ada sister group dari AKB48 yang diberi nama JKT48, yang belakangan ini sangat populer di kalangan anak muda.

Nah, apa sajakah lagu-lagu terbaik dari AKB48?  Dalam artikel ini, Top10Artis akan memberikan daftar 10 lagu AKB48 terpopuler dan paling enak didengar, serta cukup sering dibawakan dalam penampilan mereka di theater ataupun di berbagai acara lainnya.  Langsung saja, berikut lagu-lagunya:



10.  Beginner


Beginner adalah single ke-18 yang dirilis oleh AKB48 pada tahun 2010.  Sama seperti lagu-lagu sebelumnya, Beginner dirilis dalam 3 versi yang berbeda dengan 5 macam cover yang berbeda-beda pula.  Versi theater dari lagu ini terbilang cukup langka, karena hanya dijual di Akibahara, Jepang, tempat di mana AKB48 mengadakan live show secara rutin.

Lagu ini terbilang cukup sukses di pasaran, karena berhasil menempati posisi pertama dalam Billboard Japan 100 dan Oricon Weekly Singer.  Wajar saja, lagu ini memang bertema ceria dan memiliki lirik yang mengesankan perjuangan seorang entertainer di dunia hiburan.



9.  Give Me Five!


Lagu ini masih tergolong baru, dirilis pada musim semi tahun 2012 dan merupakan single ke-25 dari AKB48.  Lagu Give Me Five! juga termasuk sebagai salah satu lagu AKB48 dengan tema "Sakura" dan juga memiliki video musik yang berdurasi cukup lama, yaitu 34 menit.  Video musik Give Me Five! dibintangi oleh personil-personil AKB48 paling cantik, seperti Yuko Oshima, Yuki Kashiwagi, dan Minami Takahashi.  Lagu ini juga menuai sukses yang cukup spektakuler, karena ketika pada hari pertama dirilis langsung berhasil terjual lebih dari 900 ribu kopi.  Wajar saja jika akhirnya Give Me Five! juga bertengger di posisi teratas berbagai tangga lagu internasional.



8.  Boku Dake No Value


Lagu ini memiliki arti kurang lebih "sesuatu yang hanya bernilai untukku".  Sama seperti lagu AKB48 lainnya yang bertemakan tentang cinta, Boku Dake No Value juga memiliki lirik berbahasa Jepang yang memuji-muji tentang keindahan cinta dan betapa spesialnya seseorang di mata orang yang dicintainya.  Liriknya romantis, namun masih memiliki kesan ceria dan energik.

Lagu ini sudah dibawakan oleh lima team 48 family yang berbeda, yaitu Team A, Team K, Team B, Team S dari SKE48, dan Team KII SKE48.  Sejauh ini menurut kami versi terbaik adalah yang dibawakan oleh Haruka Nagawa dan kawan-kawan dalam Team A.



7.  Ponytail to Shushu



Dirilis sejak tahun 2010, lagu Ponytail to Shushu memiliki cover para anggota AKB48 dalam pakaian renang berwarna cerah.  Lagu ini sendiri terbilang cukup istimewa, karena video musiknya diambil di Guam dalam suasana pantai dan musim panas yang begitu dominan.  Berdurasi selama kurang lebih empat menit, Ponytail to Shushu berhasil terjual sebanyak kurang lebih 500 ribu kopi di minggu pertama penjualannya.

Minami Takahashi dan Atsuko Maeda nampak begitu bersinar ketika tampil sebagai center dalam lagu ini, dengan vokal yang begitu memukau serta dance yang sangat enak dinikmati.  Tak heran jika kemudian lagu ini juga menjadi sangat populer di Indonesia.



6.  Keibetsu Shiteita Aijo


Judul lagu ini bermakna "Cinta yang Tertolak", merupakan salah satu single terbesar dari AKB48 yang dirilis pada tahun 2007.  Dinyanyikan oleh 16 personil AKB48, Keibetsu Shiteita Aijo bertema tentang seorang murid yang terus-menerus di-bully dan ditindas oleh teman-temannya di sekolah yang membuat sang murid akhirnya bunuh diri dengan melompat dari lantai atas sekolah tersebut.

Lagu ini berdurasi sekitar 4 menit 18 detik, dinyanyikan dalam 4 versi yang berbeda.  Lagu yang dinyanyikan oleh Team A dan Team K ini sempat berada dalam jajaran tangga lagu 200 lagu terbaik Jepang selama 4 minggu berturut-turut.



5.  Baby! Baby! Baby!


Dirilis pada tahun 2008 sebagai proyek single ke-9 dari AKB48, Baby! Baby! Baby! juga memiliki nuansa ceria yang sangat kental.  Para personil AKB48 tampil dalam pakaian renang yang luar biasa cerah dan sedikit seksi, membawakan lirik lagu dengan penuh energik dan wajah yang sangat cerah.  Menyaksikannya saja pasti bisa membuat hati kita menjadi lebih gembira.  

Lagu ini dijual dalam bentuk DVD maupun dalam digital download.  Musik video Baby! Baby! Baby! menjadi salah satu video AKB48 paling populer yang disaksikan di YouTube.  Lagu ini juga dibawakan oleh Team A, Team B, dan Team K.



4.  Shoujotachi Yo


Makna judul dari Shoujotachi Yo sedikit banyak berarti Hey Gadis.  Lirik lagu ini juga sangat bermakna, memberikan semangat pada seorang gadis yang sedang berjuang untuk meraih mimpinya.  Shoujotachi Yo sering dianggap sebagai curahan hati para personil AKB48 yang berjuang tanpa kenal lelah di dunia entertainment Jepang.

Popularitas lagu ini juga cukup tinggi, karena selain bermakna indah juga memiliki nilai musikalitas yang sangat bagus.  Seperti biasa, musik video Shoujotachi Yo diisi oleh aksi-aksi para member tercantik AKB48 yang membawakan lagu dan koreografi dengan sangat apik.



3.  Kimi No Koto Ga Suki Dakara


Lagu ini termasuk dalam project single River AKB48 yang dirilis ke pasar pada tahun 2009.  Wajar jika lagu ini menjadi cukup populer, karena penjualan River sendiri cukup luar biasa, menembus angka 170 ribu kopi dalam minggu pertama peredarannya.  Sama seperti single sebelumnya, Kimi No Koto Ga Suki Dakara juga dijual dalam edisi reguler dan edisi khusus teater.

Member AKB48 yang paling terlihat menonjol dalam video musik Kimi No Koto Ga Suki Dakara adalah Aki Takajo, yang memang memiliki peran sebagai center  bersama Team A.  Selain itu, Asuka Kuramochi yang tampil bersama Team K dalam membawakan lagu ini juga terlihat manis dan mampu menyita perhatian.



2.  Aitakatta


Pecinta grup AKB48 di seluruh dunia pasti sudah hapal dengan lagu Aitakatta.  Lagu yang judulnya berarti I Miss You  ini memiliki lirik yang sangat romantis, walaupun tetap dibawakan dengan gaya ceria khas 48 family.  Hingga saat ini, lagu yang dirilis pada tahun 2006 bisa dibilang sebagai lagu AKB48 terpopuler yang beredar hingga ke seluruh penjuru dunia.

Lagu ini juga yang menjadi titik balik AKB48, dari sebuah idol group pemula yang belum dikenal menjadi salah satu yang paling elit di Jepang, bahkan di dunia.  Hingga saat ini Aitakatta berhasil mencatat status Triple Platinum karena berhasil terjual lebih dari 750 ribu kopi untuk versi download seluler.



1.  Heavy Rotation



Tentu saja lagu Heavy Rotation dikenal dengan sangat baik oleh fans AKB48 di Indonesia.  Ya, lagu ini juga dibawakan oleh JKT48 beberapa waktu yang lalu, dan mendapat sambutan yang luar biasa positif di tanah air.  Tak hanya dari segi musik, video klip lagu ini juga dibuat dengan sangat apik dan disutradarai oleh Mika Nagawa, salah satu sutradara wanita paling terkenal di Jepang.

Yuko Oshima nampak benar-benar menjadi pusat perhatian dalam Heavy Rotation, karena berdasarkan polling fans, ia menduduki posisi teratas sebagai "Most Wanted Member to be Featured in Heavy Rotation".  Lagu ini juga menuai sukses yang luar biasa dari segi penjualan, dengan penghargaan dua Triple Platinum, satu Double Platinum, dan satu Million Awards.  Selain itu, Heavy Rotation juga berhasil menjadi nomor satu dalam 4 versi tangga lagu Jepang.  Benar-benar sebuah lagu terbaik dari AKB48!

Artikel Lain yang Lebih Hot