Tuesday 17 September 2013

Pernahkah anda mencoba menebak kira-kira lagu Barat apakah yang memililki popularitas paling tinggi di dunia?  Nah, pada kesempatan kali ini Top10Artis akan memberikan daftar sepuluh lagu yang paling populer berdasarkan jumlah penjualan di seluruh dunia.  Karena popularitasnya tersebut yang begitu tinggi, kami yakin anda semua sudah pernah mendengarkannya.

Lagu-lagu ini dibawakan oleh para penyanyi kenamaan yang memang berbakat.  Selain karena kualitasnya yang bagus, penjualan dari lagu tersebut juga melejit karena sering diputar dalam berbagai film layar lebar.  Langsung saja, berikut daftar dari kami:

Image Credit: Wikimedia Commons

10.  "The Christmas Song" oleh Mel Torme

Total penjualan: 19 juta US Dollar


Lagu-lagu rohani memang mudah meraih popularitas yang tinggi, apalagi jika lagu tersebut dinyanyikan secara apik dan diaransemen dengan artistik.  Sejak dirilis pertama kali pada tahun 1944, The Christmas Song menjadi lagu wajib yang diputar di setiap perayaan Natal di seluruh dunia.  Wajar jika nilai penjualannya mampu mencapai angka yang fantastis.

Mel Tome menyanyikan The Christmas Song saat masih berusia 19 tahun.  Hingga kini, lagu ini sudah dicover oleh berbagai sosok penyanyi kenamaan seperti Michael Buble, Frank Sinatra, Bob Dylan, N'Sync, dan masih banyak lagi.



9.  "Oh Pretty Woman" oleh Ryan Orbison dan Bill Dees

Total penjualan: 19,75 juta US Dollar


Lagu ini sudah dirilis sejak tahun 1964, namun baru mencapai popularitas pada awal 90-an ketika diangkat menjadi soundtrack film Pretty Woman yang dibintangi oleh Julia Roberts.  Film ini begitu populer di seluruh dunia dan dianggap sebagai salah satu film romantis terbaik di dunia.  Penjualan film Pretty Woman yang mencapai ratusan juga dollar juga turut membuat lagu ini kecipratan popularitas.

Dari segi lirik dan musikalitas, lagu ini memang sangat enak didengarkan dan mudah diingat.  Sebelum kematian salah satu penyanyi lagu ini, Bill Dees, ia dilaporkan mampu meraih royalti antara 100 hingga 200 ribu dollar per tahun dari hasil royalti Oh Pretty Woman.



8.  "Every Breath You Take" oleh Sting

Total penjualan: 20,5 juta US Dollar


Nama besar Sting sebagai seorang musisi kawakan internasional tak perlu lagi dipertanyakan.  Sampai saat ini, ia masih terus aktif menciptakan dan membawakan berbagai lagu berkualitas yang memiliki nilai musikalitas yang tinggi.  Nah, di antara semua tembang yang pernah ia ciptakan, Every Breath You Take dianggap sebagai yang paling sukses dari segi penjualan.

Dirilis pertama kali pada tahun 1983, lagu ini mampu bertengger di posisi pertama tangga lagu Billboard selama delapan minggu berturut-turut.  Pada tahun 2010, manajer Sting mengungkapkan bahwa Every Breath You Take menyumbangkan lebih dari 1/4 pemasukan yang diterima oleh penyanyi seumur hidupnya.



7.  "Santa Claus is Coming to Town" oleh Haven Gillespie dan Fred J. Coots

Total penjualan: 25 juta US Dollar


Lagi-lagi sebuah tembang bertemakan Natal yang berhasil masuk ke jajaran lagu barat terpopuler di dunia.  Berkisah tentang kehadiran Santa Claus yang membagikan kebahagiaan di sebuah kota kecil, lagu ini meraih popularitas yang luar biasa di seluruh dunia.  Setiap kali perayaan Natal mendekat, anda pasti bisa mendengar Santa Claus is Coming to Town diputar di berbagai pusat perbelanjaan maupun televisi.

Dirilis pada tahun 1934, lagu ini menjadi perlambang kebahagiaan ekonomi dunia yang saat itu baru saja pulih dari The Great Depression alias krisis ekonomi global.  Santa Claus is Coming to Town juga diaransemen ulang dan dibawakan oleh banyak artis terkenal seperti Justin Bieber dan Mariah Carey.



6.  "Stand by Me" oleh Ben E. King, Jerry Leiber, dan Mike Stoller

Total penjualan: 27 juta US Dollar


Popularitas lagu bertema religius yang dibawakan oleh penyanyi kulit hitam, Ben E. King ini benar-benar luar biasa.  Sejauh ini, ada 400 versi yang berbeda dari lagu ini yang sudah dinyanyikan oleh berbagai artis di seluruh dunia.  Walaupun bertemakan religius, Stand By Me tetap enak didengarkan dan dinyanyikan layaknya sebuah lagu pop.

Dari segi penjualan, Stand By Me juga meraih sukses besar.  Lagu ini berhasil terjual hingga 100 ribu kopi pada hari pertama dirilis, dan mencapai 400 kopi setiap minggunya selama beberapa lama.  Tak hanya itu, Stand By Me juga beberapa minggu berturut-turut memuncaki tangga lagu internasional.



5.  "Unchained Melody" oleh Alex North dan Hy Zaret

Total penjualan: 27,5 juta US Dollar


Tidak salah bila Unchained Melody begitu sukses di seluruh dunia, baik dari segi penjualan maupun popularitas.  Wajar saja, lagu ini memiliki kualitas yang sangat luar biasa yang bisa membuat kita merinding setiap kali mendengarkannya.  Terasa begitu romantis, menyanyat hati, namun membuat kita ingiin mendengarkannya secara terus menerus.

Hingga saat ini, Unchained Melody mungkin bisa disebut sebagai salah satu lagu romantis terbaik yang pernah diciptakan.  Ada berbagai artis terkenal yang sudah pernah membawakan versi aransemen ulangnya, salah satunya adalah The Righteous Brothers dan Il Divo.



4.  "Yesterday" oleh John Lennon dan Paul McCartney

Total penjualan: 30 juta US Dollar


Nama besar Beatles membuat lagu ini sangat mudah mencapai popularitas yang tinggi di seluruh dunia.  Nilai penjualannya juga sangat fantastis, mencapai 30 juta dollar hingga saat ini.  Ditulis oleh dua maestro, John Lennon dan Paul Mc Cartney, kesan penyesalan yang begitu mendalam dalam Yesterday seolah membuat hati kita tersayat-sayat saat mendengarkannya.

Yesterday menceritakan tentang penyesalan seorang lelaki yang ditinggalkan oleh kekasihnya karena sebuah perselisihan.  Saat ini, sang pria terasa begitu menyesal dan kehilangan kekasihnya, dan ingin kembali ke hari kemarin di mana mereka masih saling mencintai.



3.  "You've Lost That Lovin' Feelin'" oleh Barry Mann, Cynthia Weil, dan Phil Specter

Total penjualan: 32 juta US Dollar


Selain Unchained Melody, lagu ini juga menjadi sangat populer di seluruh dunia setelah dibawakan oleh The Righteous Brothers pada tahun 60-an.  Dari segi marketing, popularitas lagu ini kembali meningkat dengan drastis setelah dijadikan soundtrack utama dalam film Top Gun yang dibintangi oleh Tom Cruise pada tahun 1986.

Sejauh ini, lagu "You've Lost That Lovin' Feelin" sudah dicover oleh 2.200 penyanyi berbeda dari seluruh dunia.  Lagu ini juga meraih popularitas sebagai lagu yang paling sering diputar di radio sepanjang sejarah.  Benar-benar sebuah pencapaian yang luar biasa!



2.  "White Christmas" oleh Irving Berlin

Total penjualan: 36 juta US Dollar


Dari sekian banyak lagu religius yang diciptakan untuk merayakan natal, White Christmas menjadi yang teratas dalam hal popularitas maupun penjualan.  Yang menarik, pencipta lagu ini justru seorang imigran Rusia beragama Yahudi.  Ditulis pada tahun 1940, White Christmas baru mencapai puncak ketenaran beberapa tahun kemudian setelah dinyanyikan oleh Bing Crosby.

Dengan nada-nada lembut yang mengalun dan membuai, wajar jika banyak orang yang merasa tenteram ketika mendengarkan lagu ini dalam perayaan Natal.  White Christmas memiliki nilai religius dan musikalitas yang sangat tinggi dan layak diacungi jempol.



1.  "Happy Birthday" oleh Hill Sisters

 Total penjualan: 50 juta US Dollar

Hill Sisters, pencipta lagu "Happy Birthday"


Lagu ini menjadi lagu tertua sekaligus yang paling sukses secara penjualan.  Pada tahun 1893, Hill Sisters memerlukan sebuah lagu perayaan ulang tahun untuk kelasnya yang terdiri dari anak-anak TK.  Selang 120 tahun kemudian, Happy Birthday menjadi sebuah lagu barat terpopuler di dunia yang meraih keuntungan lebih dari 50 juta dollar.

Walaupun sangat populer, untuk menggunakan lagu ini secara resmi sebenarnya memerlukan biaya yang sangat mahal.  Untuk memutar lagu Happy Birthday dalam suatu film, diperlukan biaya sebesar 25 ribu dollar yang harus dibayarkan ke Warner Music Group sebagai pemegang royalti.  Benar-benar sebuah angka yang sangat fantastis untuk sebuah lagu yang sederhana.  Nah, di antara lagu-lagu tersebut, yang manakah yang paling anda sukai?

Artikel Lain yang Lebih Hot